Translate

Jumat, 12 September 2014

Analisis pengaruh atribut produk honda terhadap loyalitas konsumen (studi pada PT. Federal international finance kawasan Pintu Batu)

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan dunia bisnis saat ini sudah mengalami peningkatan yang sangat tajam. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya pebisnis-pebisnis baru yang memasuki pasar dengan bermacam-macam strategi yang digunakan. Kondisi semacam ini menuntut para pengusaha lama untuk dapat bertahan agar bisnisnya tetap berjalan tanpa harus kehilangan kesempatan untuk tetap melakukan pengembangan bisnisnya.
Salah satu cara untuk untuk tetap dapat bersaing adalah dengan membentuk strategi pemasaran yang efektif untuk menggaet konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Dengan begitu, para pengusaha dituntut untuk dapat menarik minat konsumen kemudian mempertahankannya sebagai konsumen yang loyal terhadap produk perusahaan.
Menurut Hermawan Kertajaya (2006:579), pembentukan loyalitas konsumen salah satunya bisa dicapai dengan membentuk ekuitas merek yang kuat. Ekuitas merek sendiri didefinisikan oleh Aaker (2001 ; 162), sebagai sebuah merek yang mampu memberikan nilai tambah yang diberikan oleh produk baik pada perusahaan maupun pelanggan perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan yang memiliki ekuitas merek yang kuat akan bisa bersaing dengan para kompetitornya dan juga akan mampu mempertahankan loyalitas konsumen.
Hal demikian tentu menuntut peran aktif para pemasar untuk bias menciptakan strategi pemasaran yang efektif dalam menarik konsumen. Para pemasar dituntut agar bisa mempelajari perilaku konsumen dalam kondisi persaingan yang tajam. Hal ini perlu dilakukan karena memahami perilaku konsumen, maka pemasar dapat mengetahui apa sebenarnya yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Schiffman dan kanuk (2000) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Kondisi seperti ini juga yang terjadi pada persaingan perdagangan sepeda motor di Indonesia yang mana telah banyak sekali persaingan produk sepeda motor dengan sesuatu yang diunggulkannya agar dapat menarik dan mempertahankan konsumennya. Honda sebagai salah satu merek sepeda motor yang cukup terkenal di Indonesia adalah satu merek yang bisa dikatakan cukup berhasil membangun strategi pemasaran demi mempertahankan loyalitas konsumen. Hal ini terutama terjadi di kawasan Pintu Batu. Data penjualan Honda di Pintu Batu terbukti mengalami trend peningkatan dibandingkan sepeda motor merek lain pada tahun 2007,  Hal tersebut mengindikasikan keberhasilan strategi Honda dalam menarik minat konsumen untuk membeli produknya. Secara umum, kecenderungan strategi yang dibangun oleh merek sepeda motor di Indonesia adalah dengan menggunakan line extension strategic. Menurut Kotler (1997:71) line extension strategic adalah sebuah strategi pemasaran dimana perusahaan memperkenalkan unit produk tambahan dalam kategori produk yang sama dengan merek yang sama, bisaanya dengan tampilan baru seperti rasa, bentuk, warna baru, tambahan, ukuran kemasan, dan lainnya.
Dalam hal ini, Astra Honda Motor (AHM) yang merupakan produsen Honda melakukan peluncuran merek baru sepeda motor dengan induk merek yang tetap sama, yaitu Honda. Sampai saat ini, produk sepeda motor Honda yang beredar di pasar adalah Absolute Revo 110, Blade, Supra X 125R, Supra X 125 PGM FI, Vario Techno, Vario, Beat, City Sport I, Mega Pro, dan Tiger.
Penelitian ini mencoba menganalisis strategi Honda ditinjau dari segi atribut produk yang dimilikinya. Pemilihan lokasi, yaitu Pintu Batu, sengaja dilakukan berdasarkan penjualan produk Honda yang tersaji pada daerah itu.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut:
  1. Apakah atribut produk, yang meliputi kualitas, keiritan, desain produk, pelayanan dan harga, berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen di PT. Federal International Finance Kawasan Pintu Batu?
  2. Apakah atribut produk, yang meliputi kualitas, keiritan bahan bakar, desain produk, pelayanan dan harga berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen di PT. Federal International Finance Kawasan Pintu Batu?
  3. Atribut produk manakah yang pengaruhnya dominan terhadap loyalitas konsumen di PT. Federal International Finance Kawasan Pintu Batu?

C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan tiga rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
  1. Untuk mengetahui apakah pengaruh atribut produk, yang meliputi kualitas, keiritan bahan bakar, desain produk, pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen di PT. Federal International Finance Kawasan Pintu Batu secara simultan
  2. Untuk mengetahui apakah pengaruh strategi Honda berdasarkan atribut produk, yang meliputi kualitas, keiritan, desain produk, pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen di PT. Federal International Finance Kawasan Pintu Batu secara parsial
  3. Untuk mengetahui apakah atribut Honda manakah yang paling berpengaruh terhadap pembentukan loyalitas konsumen di Kawasan Pintu Batu.

D. Batasan Masalah
Banyak strategi yang dapat digunakan perusahaan demi tujuannya mempertahankan loyalitas konsumen. Strategi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah strategi Honda, yang berupa multi-branding dengan atribut produknya yang terdiri dari kualitas, keiiritan bahan bakar, desain produk, pelayanan, dan harga. Penelitian ini memfokuskan pembahan dan analisis pada strategi dimaksud.
E. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi:
  1. Bagi manajemen perusahaan; penelitian ini diharapakn dapat membantu perusahaan mendapatkan gambaran tentang demografis dan kebutuhankebutuhan konsumen akan sepeda motor sehingga dapat dibentuk sebuah strategi yang efektif untuk mempertahankannya.
  2. Bagi fakultas; Hasil penelitian diharapkan dapat memperkaya khasanah dan obyek permasalahan yang dikaji dalam ranah riset pemasaran.
  3. Bagi pihak lain; Hasil penelitian dapat memberikan informasi awal dan referensi tambahan bagi penelitian-penelitian selanjutnya yang berada dalam ruang lingkup yang sama.


Skripsi ini terdiri dari BAB I sampai dengan BAB V full. Untuk pengunjung blog ini yang ingin mendapatkannya sebagai bahan referensi penyusunan skripsi dapat menghubungi pengelola blog ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar