Translate

Selasa, 16 September 2014

Perancangan dan Analisis Kekuatan Konstruksi Mesin Tekuk Plat Hidrolik

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mengalami  kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan teknologi itu tidak terlepas dari dukungan  dunia industri manufaktur dimana terdapat industri besar maupun industri kecil  dan menengah. Industri kecil menengah ataupun bengkel produksi yang sedehana, masih  menggunakan alat atau mesin yang terbatas penggunaannya. Sebagai contoh  adalah proses pengerjaan plat, masih banyak bengkel yang memproduksi plat  dengan profil tekuk secara manual. Industri kecil masih melakukan penekukan  plat masih dengan menggunakan palu dan landasan besi sebagai alas. Hal tersebut  akan banyak menghabiskan waktu dengan hasil yang kurang terjamin kualitas.  Plat yang ditekuk bisa saja sobek/cacat saat pemukulan selain itu kepresisian dan tampilan benda kerja kurang terjamin.
Bengkel yang mengerjakan penekukan plat besar sudah tidak menggunakan  proses manual. Kebanyakan sudah menggunakan mesin universal dengan sistem  press secara pneumatik dan hidrolik untuk mempercepat proses produksi dan  meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Mesin tekuk ini dapat  menghasilkan produk dalam skala besar sehingga produk yang dihasilkan lebih  cepat dibandingkan dengan manual. Hal tersebut bisa merebut pasar indusrti kecil  yang tak mungkin bersaing dengan mesin yang harganya terlalu mahal dan jauh  lebih efisien. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas maka penulis merancang mesin  tekuk plat dengan mekanis hidrolik agar dapat mempercepat proses produksi  dengan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan manual. Walaupun rancangan  ini belum mampu bersaing dengan mesin tekuk universal, namun diharapkan  mesin rancangan ini dapat meningkatkan effisiensi waktu dan tenaga untuk  menghemat biaya produksi bengkel sederhana. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan mesin tekuk yang kemudian  akan dibuat pemodelan tiga dimensi dari hasil rancangan mesin tekuk plat lalu akan dianalisis fungsi dan kekuatan konstruksinya menggunakan perangkat lunak Solidwork 2012, agar rancangan mesin dapat direalisasikan. Hasil akhir penelitian berupa rancangan gambar kerja produksi untuk pembuatan mesin tekuk plat.
B.     Rumusan masalah
Dari uraian di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : bagaimana membuat rancangan mesin tekuk plat hidrolik.
C.    Batasan Masalah
Untuk membatasi ruang lingkup Tugas Akhir ini, maka diberikan batasan sebagai berikut:
  1. 1Jenis material plat yang akan ditekuk adalah mild steel atau setara dengan DIN St 37 dengan kekuatan maksimal tegangan luluh (y ) = 220 N/mm2  dan tegangan tarik (u) = 360 N/mm2
  2. Dimensi maksimal material plat yang akan ditekuk adalah 2400 mm x 1200 mm dengan ketebalan maksimal 7 mm .
  3. Proses pengerjaan tekuk dilakukan dengan proses pengerjaan dingin, dengan sudut penekukan 90º.
  4. Pengujian dan analisis kekuatan konstruksi rancangan mesin tekuk berupa simulasi dengan pendekatan perangkat lunak.
  5. Pengaruh pengelasan pada sambungan komponen dianggap baik dan seragam.

D.    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Untuk mendapatkan rancangan mesin tekuk plat dengan spesifikasi material yang dikerjakan sesuai pada batasan masalah.
  2. Untuk mengetahui kekuatan konstruksi rancangan mesin tekuk plat sehingga rancangan mesin dapat direalisasikan

Skripsi ini terdiri dari BAB I sampai dengan BAB V full. Untuk pengunjung blog ini yang ingin mendapatkannya sebagai bahan referensi penyusunan skripsi dapat menghubungi pengelola blog ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar