Translate

Kamis, 04 September 2014

Perhitungan Harga Pokok Produksi Meubel Pada Usaha Dagang Rizki Ilahi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang Masalah
Semua perusahaan, baik perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur dalam melaksanakan kegiatan usahanya mempunyai tiga tujuan, yaitu usaha mencapai laba yang maksimal, meningkatkan kelangsungan usaha perusahaan dalam jangka panjang serta meningkatkan pertumbuhan dan pangsa pasar yang lebih luas dari sebelumnya. Untuk mendapatkan laba maksimum sesuai dengan laba yang diinginkan perusahaan, maka perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan pesaing yang memproduksi produk yang sejenis. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan untuk meningkatkan laba yang diharapkan, yaitu menekan biaya produksi maupun biaya operasi serendah mungkin tanpa mengurangi jumlah produk dan kualitas dari produk yang dihasilkan, menetapkan harga jual sesuai dengan laba yang ditargetkan dan meningkatkan volume penjualan.
Perusahaan yang ingin mencapai tujuannya perlu menentukan harga jual yang akan direncanakan, maka diperlukan perhitungan harga pokok produksi yang teliti dan tepat. Perusahaan membutuhkan informasi biaya untuk mengklasifikasikan dan membebankan biaya-biaya produksi yang diperlukan dalam hubungannya dengan perhitungan harga pokok produksi. Perhitungan harga pokok produksi dapat memberikan informasi bagi pihak perusahaan dalam penetapan harga jual, biaya yang terjadi, serta laba atau rugi atas produksi.
Perhitungan harga pokok produksi sangat dipengaruhi oleh besarnya jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang, ada 3 unsur biaya-biaya tersebut, yaitu biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Ketiga elemen ini harus dilakukan sebaik-baiknya agar harga pokok produksi tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah maka laba yang didapatkan oleh perusahaan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya, sebaliknya jika harga pokok terlalu tinggi, maka hal ini akan mengakibatkan harga jual menjadi tinggi sehingga sulit bersaing dengan perusahaan lain yang memproduksi barang sejenis. Dengan perhitungan harga pokok produksi yang tepat, maka dapat ditentukan harga pokok penjualan pula. Penetapan harga pokok produksi harus benar-benar memperhatikan elemen-elemen yang terkait didalamnya sehingga dapat dilakukan pengendalian biaya produksi dengan tujuan dicapainya efisiensi biaya. Perhitungan biaya produksi sangat bergantung pada sifat produk yang diproses, berdasarkan pesanan atau secara massa.
Perusahaan yang memproduksi barang berdasarkan pesanan, system perhitungan biaya produksinya menggunakan sistem pesanan/metode harga pokok pesanan. Khusus untuk perusahaan yang memproduksi barang berdasarkan pesanan, informasi harga pokok produksi setiap pesanan sangat diperlukan perusahaan untuk mempertimbangkan menerima atau menolak pesanan. Dalam pembebanan terhadap biaya overhead pabrik untuk perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan menggunakan tarif yang yang ditentukan di muka. Salah satu perusahaan yang berproduksi tersebut diatas adalah perusahaan Meubel “Usaha Rizki Ilahi”  yang berlokasi di jalan Sultan Agung merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertukangan kayu. Kegiatan perusahaan ini adalah menghasilkan meubel baik berdasarkan pesanan maupun bukan pesanan seperti kursi siswa, meja siswa, meja kantor, kursi kantor, rak buku dan papan tulis. Pemilik “Usaha Rizki Ilahi” harus bersaing dalam menawarkan produknya yaitu dengan cara menawarkan produk dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang bersaing. Oleh sebab itu pengalokasian dan perhitungan biaya-biaya produksinya harus disusun dengan tepat agar diperoleh harga pokok produksi yang tepat pula.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis memilih judul laporan akhir ini dengan judul "Perhitungan Harga Pokok Produksi Meubel pada Usaha Dagang Rizki Ilahi".

1.2              Perumusan Masalah
Berdasarkan pengamatan dan informasi yang penulis peroleh dari " Usaha Dagang Rizki Ilahi '', maka penulis menemukan permasalahan yaitu:
1.      Belum mengklasifikasikan unsur-unsur harga pokok produksi yaitu biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.
2.      Belum menyusun Laporan Harga Pokok Produksi, sehingga harga jual yang ditetapkan perusahaan belum tepat.
Berdasarkan permasalah-permasalahan diatas, maka yang menjadi masalah pokok dari perusahaan tersebut adalah belum melakukan pengklasifikasian dan perhitungan harga pokok produksi meubel pada "Usaha Dagang Rizki Ilahi".
1.3              Ruang Lingkup Pembahasan
Untuk mencapai agar penulisan laporan akhir ini sesuai dengan permasalahan yang ada, maka penulis membatasi ruang lingkup pembahasan sehingga permasalahannya tidak terlalu luas dan menyimpang serta kesimpulan dapat ditentukan. Dalam penulisan laporan akhir ini, penulis membatasi ruang lingkup pembahasan hanya pada proses penghitungan dan pengamatan terhadap unsur-unsur harga pokok produksi meubel atas penjualan kursi siswa, meja siswa, dan rak buku yang dimasukkan ke dalam harga pokok produksi selama tahun 2012 dengan menggunakan metode harga pokok produksi pesanan.
1.4              Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan laporan akhir ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui pengklasifikasian unsur-unsur biaya produksi secara tepat yang dibebankan dalam perhitungan harga pokok produksi pada usaha meubel “Usaha Dagang Rizki Ilahi”.
2.      Untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga pokok produksi yang tepat pada usaha meubel “Usaha Dagang Rizki Ilahi”.

1.5              Manfaat Penulisan
Manfaat yang diharapkan dari penulisan laporan akhir ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan untuk usaha meubel “Usaha Dagang Rizki Ilahi” mengenai pengklasifikasian biaya, pembebanan biaya dan perhitungan harga pokok produksi yang tepat.
2.      Bagi Lembaga
Sebagai bahan referensi dalam penyusunan laporan akhir di masa yang akan datang bagi mahasiswa-mahasiswi khususnya di Jurusan Akuntansi yang terkait dengan masalah perhitungan harga pokok produksi.


            Skripsi ini terdiri dari BAB I sampai dengan BAB V Full

Tidak ada komentar:

Posting Komentar